Artikel Terbaru

Apakah Kamu sudah Melakukan Perawatan Dengan Baik dan Benar? Inilah Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat



Anda pasti sering mendengar istilah rambut bukan? 
Rambut adalah mahkota perempuan. Maka dari itu, tak heran jika banyak perempuan yang melakukan perawatan khusus demi menjaga kesehatan serta keindahan rambut mereka. Banyak cara yang bisa kalian dilakukan untuk merawat rambut supaya tetap sehat, lembut, dan indah berkilau. Sebagian perempuan ada juga yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut yang bagus.

Berikut ini adalah berbagai cara perawatan rambut yang bisa dimulai ketika Anda berada di rumah dan dilakukan setiap hari, di antaranya:

Dimulai dari kulit kepala

Cara untuk merawat rambut agar tetap sehat, indah dan berkilau dapat dimulai dengan tidak melupakan kesehatan kulit kepala. Mengapa? Karena akar rambut tertanam di bawah kulit kepala. Menurut ahli perawatan rambut dan kulit kepala, folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan kulit di sekitarnya. Jadi, bisa dibilang jika kulit kepala adalah kunci rambut sehat.

Keramas

Seberapa sering Anda keramas sebenarnya bisa dilihat berdasarkan seberapa banyak minyak yang dihasilkan oleh kepala Anda.

Kulit kepala berminyak dianjurkan untuk mencuci rambut sehari sekali
Rambut yang terlihat kering direkomendasikan untuk lebih jarang keramas. 
Seiring dengan berjalannya pada usia kita, kulit kepala akan menghasilkan minyak yang lebih sedikit sehingga Anda tidak memerlukan sampo.

Jika ada ketombe, artinya Anda kurang pemakaian sampo atau kurang membilasnya sampai bersih. 
Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki rambut normal, mungkin mencuci rambut satu sampai dua kali seminggu tidak akan menjadi masalah.

Kramas Dengan Air Dingin

Ternyata, keramas dengan air dingin bisa membantu mencegah rambut rontok dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Tidak hanya itu saja, air dingin juga bisa menjaga kekuatan akar rambut dan bermanfaat menjaga rambut agar tetap berkilau dan lembut.

Biarkan Rambut Kering Secara Alami  

Biarkan rambut mengering secara alami. Setelah mencuci rambut, bungkuslah rambut dengan kaus berbahan katun. Handuk terbuat dari bahan yang sangat kasar dan dapat merusak rambut, sehingga rambut menjadi kusut dan bercabang. Hindarilah menyikat pada saat rambut masih basah, karena bisa menyebabkan rambut rapuh dan lemah. Gunakanlah sisir yang memiliki gigi lebar untuk mengurai kekusutan pada saat rambut masih basah.

Usahakan untuk tidak menggunakan pengering rambut. Rambut yang sehat tidak memberikan respon yang baik pada panas. Rambut mudah rusak akibat panas, khususnya yang berasal dari pengering rambut. Jika Anda harus menggunakan pengering rambut, keringkan menggunakan suhu rendah dan batasi penggunaannya hanya seminggu sekali.

Jika Anda mencuci rambut pada saat sebelum tidur malam, gelunglah rambut dan biarkan mengering sendiri semalaman. Rambut akan kering di pagi harinya.

Menggunak kondisioner

Menggunakan kondisioner setiap setelah keramas dapat memperbaiki rambut yang rusak atau rapuh, meningkatkan kekuatan rambut dan memberikan perlindungan dari sinar UV. Kondisioner hanya digunakan pada ujung rambut. Pemilihan sampo dan kondisioner diformulasi khusus sesuai dengan jenis rambut sehingga diperlukan pemilihan sampo dan kondisioner yang disesuaikan pula dengan jenis rambut. 

Gunakan Hair Mask

Lakukan aplikasi masker pada rambut dengan bahan yang natural seperti lidah buaya, madu, atau produk khusus hair mask tiap 1-2 minggu sekali. Hal ini akan memberikan nutrisi tambahan bagi rambut kamu yang mungkin sering mengalami penataan dengan alat tertentu seperti catok atau blow dry.

Hindari mengikat rambut terlalu ketat

Menarik dan mengikat rambut terlalu ketat sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan rambut jadi stres. Jika Anda ingin menghindari agar rambut tidak berantakan ketika bangun di pagi hari, sebaiknya ikat rambut secara longgar sebelum tidur.

0 Response to "Apakah Kamu sudah Melakukan Perawatan Dengan Baik dan Benar? Inilah Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel