Artikel Terbaru

5 Langkah Menggosok Gigi Dengan Baik dan Benar


Anda mungkin sudah sering mendengarkan anjuran betapa pentingnya menyikat gigi setiap hari. Selain dapat mencegah dari berbagai masalah gigi dan juga mulut, kebiasaan ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, jangan asal rajin menyikat gigi.

Pastikan juga bahwa Anda sudah menyikat gigi dengan cara yang benar. Teknik dalam menyikat gigi yang salah justru akan dapat memicu berbagai masalah pada gigi dan mulut, lho! Lantas, bagaimana cara menyikat gigi dengan benar? 

Berikut adalah cara membersihkan gigi yang harus diperhatikan, antara lain:

Langkah Pertama

Menggunakan sikat gigi yang lembut berbahandasar dari nilon, yang memiliki bentuk lingkaran. Bahan dan juga bentuk ini juga tidak akan mengiritasi pada gigi dan tidak akan menimbulkan kerusakan pada gusi.

Langkah ke Dua

Anda bisa mulai dengan menyikat dari gigi bagian depan atau gigi geraham di salah satu sisi mulut. Sikatlah gigi Anda dengan melakukan gerakan melingkar dari bagian atas ke bawah selama kurang lebih 20 detik untuk setiap bagian.

Teknik ini juga berfungsi supaya bulu pada sikat dapat mengeluarkan plak yang menyelip di batas bagian gusi. Selama anda menyikat gigi, pastikan bahwa Anda tetap menjaga posisi bulu sikat sedikit miring dengan membentuk sudut 45 derajat.

Untuk membersihkan pada permukaan dalam gigi bagian depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau menggunakan ujung kepala pada sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali.

Langkah Ke Tiga

Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.

Langkah Ke Empat

Buatlah beberapa gerakan naik dan turun menggunakan setengah sikat depan. Tempatkan sikat pada sela gigi dan gunakan bagian belakang yang lembut untuk menyikat lidah. Sikat lidah dari belakang ke depan untuk menghilangkan bakteri penghasil bau.

Pastikan bahwa sikat gigi menjangkau seluruh bagian pada gigi, terutama bagian gigi terdalam karena di situlah tempat bakteri bersarang karena sulit dijangkau. Terakhir, bilas mulut dengan air hingga bersih, tanpa menyisakan pasta gigi ataupun busa di rongga mulut.

Langkah Ke Lima

Jangan menyikat gigi dengan terlalu keras atau terlalu memberikan tekanan pada gigi karena ini juga akan menyakitkan gigi dan juga gusi. Terlalu keras saat menyikat gigi ini sebenarnya tidak membantu membersihkan gigi lebih baik juga. Justru, hal ini bisa menyebabkan permukaan luar pada gigi (enamel) menjadi terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif.

0 Response to "5 Langkah Menggosok Gigi Dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel