Artikel Terbaru

Cara Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Mudah dan Aman


Telinga merupakan salah satu panca indera manusia. Telinga sangat penting bagi manusia. Telinga tidak hanya berfungsi sebagai alat pendengaran, telinga juga berfungsi sebagai saraf mempertahankan keseimbangan tubuh.

Tak banyak orang yang tahu, kotoran telinga sebenarnya berguna untuk melindungi bakteri pada gendang telinga. Sayangnya, banyak orang yang keliru dengan cara membersihkan telinga sembarangan seperti misalnya menggunakan cotton bud.

Membersihkan telinga ini kita juga tidak boleh sembarangan, karena bisa-bisa melukai panca indra yang sangat penting ini. Banyak dari kita yang suka membersihkan telinga menggunakan cotton bud (pembersih telinga) untuk membersihkan telinga bukan? Padahal, penggunaan cotton bud ini bisa dibilang sanagat berbahaya karena akan semakin mendorong kotoran didalam telinga masuk lebih dalam. Tak hanya itu, paramedis juga mengatakan, alat tersebut juga dapat berisiko menyebabkan gendang telinga pecah jika tidak dilakukan dengan benar. 

Berikut ini adalah metode untuk membersihkan telinga yang benar dan juga  aman.

Tidak Dianjurkan Menggunakan ear candle

Membersihkan telinga ini sebaiknya tidak menggunakan seperti ear candle karena ini juga tidak terbukti efektif. Ear candle ini justru bisa menyebabkan cedera pada telinga, rasanya seperti terbakar dan saluran telinga jadi tersumbat. 

Menggunakan Air Hangat

Menyiramkan air hangat ke dalam telinga yang tersumbat kotoran adalah salah satu solusi membersihkan telinga. Air hangat ini mampu untuk melembutkan kotoran telinga yang mengeras dan menghilangkan debu, minyak, dan lain sebagainya, sehingga membuat telingamu bersih secara menyeluruh.

Caranya cukup mudah, siramkan air hangat ke dalam telingamu, diamkan untuk beberapa menit. Kemudian miringkan kepalamu agar kotoran yang sudah meleleh bisa keluar dengan sendirinya. Kamu bisa mengulangi cara ini jika diperlukan.

Hindari membersihkan telinga hingga terlalu dalam

Cukup bersihkan sebatas daun telinga saja terutama bila menggunakan cotton bud, karena cotton bud di desain untuk membersihkan daun telinga saja, bukan untuk membersihkan bagian dalam. Jika masuk terlalu dalam ini akan menyebabkan kotoran terdorong dan menumpuk. Gunakanlah cotton bud dengan diameter yang kecil sehingga akan mudah masuk ke dalam telinga dan tidak mencederai telinga.

Baby Oil.

Cara membersihkan telinga dengan baby oil terdengar unik dengan baby oil. Memang terdengar lucu, namun baby oil memliki manfaat yang baik dalam menyingkirkan kotoran telinga. Teteskan beberapa tetes ke dalam telinga kamu, lalu tutuplah telinga selama beberapa menit. 

Ulangi proses beberapa kali

Kamu juga perlu untuk mengulang proses pembersihan dengan menggunakan tetesan telinga tadi beberapa kali, ya, agar semua kotoran dapat dikeluarkan hingga bersih. Namun, jika telingamu sedang mengalami infeksi, jangan melakukan metode ini terlebih dulu, karena minyak tetes tadi dapat semakin masuk ke dalam saluran telinga.

Pergi Kedokter THT

Jika metode ini tidak atau kurang berhasil untukmu, kamu bisa konsultasi ke dokter THT. ini juga akan memeriksa terlebih dahulu kesehatan dari telingamu, kemudian akan membersihkannya dengan bantuan alat sedot khusus atau biasa dikenal sebagai metode irigasi telinga. 

ingatlah sebelum memutuskan untuk membersihkan telinga pastikan terlebih dahulu telinga tidak mengalami infeksi atau gendang telinga robek. Membersihkan telinga dalam keadaan seperti ini sangat berbahaya.

Jadi, janganpernah membersihkan telinga anda sendiri di rumah jika Anda curiga ada masalah pada telinga Anda. Konsultasikan masalah ini pada dokter.

0 Response to "Cara Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Mudah dan Aman "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel