Artikel Terbaru

Langkah Membantu Anak Dalam Mengendalikan Diri

7Langkah Membantu Anak Dalam Mengendalikan Diri 


Tak jarang  kita melihat seorang anak yang jika melihadan merasa suatu yang diinginkan dia tak sabar dan merasa harus mendapatkannya saat itu juga. Terkadang untuk mendapatkan hal tersebut dia akan marah, berteriak atau menangis sekeras-kerasnya. Nah disaat inilah kita harusnyaa membantu mereka mengendalikan dirinya.

Jadikan Diri Kita sebagai Teladan 

Apakah kita sudah menunjukan pengendalian diri?
Cara terbaik untuk membantuk untuk anak  memupuk pengendalian diri adalah dengan menjadikan diri kita sebagai Teladan

Berikan Hadiah Untuk Menghargai Sikap Pengendalian diri yang dia Lakukan

Anak anak sulit menunda keinginannya. Mereka menginginkan sesuatu yang instan, padahal jika lebih bersabar mereka bisa menerima suatu yang lebih baik. Memberi hadiah yang menarik jadi alternatif untuk melatih mereka mengendalikan diri.

Alihkan Perhatiannya ke Hal Lain

Rentang memori Anak masih Terbatas, Artinya anak-anak mudah lupa dan mudah teralih perhatiaanya. Hal ini tentu dapat kita manfaatkan sebagai latihan pengendalian diri mereka.

Ajak Dia Berolahraga 

Kemampuan mengendalikan diri pada anak juga dapat dibentuk melalui olahraga. Dalam permainan yang melatih imajinasi dan kesabarannya, dia akan terbiasa untuk menahan diri disbanding selalu menuruti keinginanya 

Selalu Ingatkan Dia

Sulit untuk membuat anak patuh pada satu aturan jika dia tidak ingat aturan tersebut. Anak-anak lebih banyak mengalami kesulitan menjaga fokus arah pikirannya. Maka  dari itu, kita Sangat perlu membantu mengingatkan  mereka.

Jangan Banyak Mengomel Lebih Baik Menenangkannya

Mengomel tidak akan memperbaiki kemampuan anak dalam mengendalikan diri. Ketika kita banyak mengomel, anak akan menjadi kewalahan dengan banyaknya informasi yang dia dapat, dan dia akan memilih untuk tidak mendengarkan. 

Terus Latih Kesabaran Melalui Kegiatan Sehari-sehari

Salah satu sikap yang penting ditanamkan pada anak adalah kesabaran. Dengan kesabaran seorang anak mampu mengendalikan dirinya. Libatkan dia dalam banyak kegiatan yang mampu melatih kesabaran. 

Sekalipun dalam banyak hal akan lebih mampu mengendalikan diri setelah mereka besar, kita tetap berkewajiban untuk selau memerhatikan perkembangannya.

0 Response to "Langkah Membantu Anak Dalam Mengendalikan Diri "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel