Artikel Terbaru

Tips Menjaga Kesehatan Mata

5 Cara  Menjaga kesehatan Mata


Mata adalah salah satu organ indra yang sangat penting bagi manusia. Karena lewat mata kita bisa melihat, mengerti mengetahui banyak hal. 

Menjaga kesehatan mata sejak dini sangat perlu dilakukan karena Bukan hanya tubuh kita yang membutuhkan perhatian mata juga demikian. Menjaga kesehatan mata dapat terhindar dari beberapa penyakit mata. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan mata kita. 

Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada mata kalian dan kesehatan mata kalian tetap terjaga saya kasih 5 tips atau cara menjaga kesehatan mata yang mudah untuk kalian lakukan dirumah:

Makanlah sayuran yang sehat


Makan makanan yang sehat adalah cara paling utama untuk menjaga mata agar selalu sehat. Beberapa ahli kesehatan mata menyarankan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata diantaranya sayuran yang berdaun hijau seperti bayam, kangkung dan sayuran berwarna cerah seperti wortel. Sayuran berdaun hijau memberikan nutrisi lutein yang membantu mengurangi masalah pada mata. Sementara vitamin A dapat ditemukan pada sayuran kuning dan orange terang seperti wortel juga dapat membantu menjegah masalah pada mata.

Rajin Membersihkan Tangan


Mata sangat rawan terhadap infeksi bakteri dan kuman. Sekecil apapun iritasinya itu dapat mempengaruhi pada kesehatan mata. Oleh karena kamu perlu rutin mencuci tangan sebelum memegang area sensitive khususnya area mata.

Jangan terlalu lama didepan alat elektronik (hp, laptop dll)


Terlalu lama menatap layar elektronik seperti Laptop dan handpone dapat menyebabkan mata cepat lelah. Gejala awal yang disebabkan berupa sakit kepala , nyeri pada leher, sakit punggung dan bahu sehingga menjalur kepada tidak fokusnya penglihatan kita khususnya pada jarak jauh padangan akan menjadi kabur. Untuk menghindari hal-hal seperti yang sudah dijelaskan diatas. Bisa dilakukan dengan cara mengistirahatkan mata selama 10 sampai 15 kali setiap 2 jam sekali.

Gunakan Pelindung Mata



Pelindung mata berguna untuk melindungi matamu dari bahan kimia, objek yang merusak mata seperti sinar dan material-material kecil seperti debu dan jmaterial lainnya yang menyebabkan kerusakan pada mata. Kaca mata hitam direkomendasikan untuk digunakan karena mampu menghalangi radiasi UVA dan UVB.

Olahraga Mata


Salah  satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan melakukan olahraga mata. Olahraga mata penting dilakukan, walaupun tidak  sepenuhnya membantu mengurangi masalah pada mata, namun apa bila kalian rutin melakukan olahraga mata akan membantu kalian agar tidak cepat merasa lelah ketika brada didepan computer ataupun handpone, selain itu juga dapat membuat mata dalam kondisi ya ng lebih sehat. Olahraga mata bisa dilakukan dengan cara memutar Bola mata, Tutup mata dengan telapak tangan, fokus dengan objek lain, memandang objek hijau.

Meskipun saat ini sebagian dari kalian belum memiliki masalah dengan mata alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan sejak awal, karena untuk menjaga kesehatan tak perlu menunggu sakit terlebih dahulu.

Terimakasih semoga bermanfaat dan selamat mencoba tips dari saya.😇

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Mata "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel