Artikel Terbaru

Cara Untuk Merawat Tanaman Hidroponik Mudah dan Praktis


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana cara merawat tanaman hidroponik kita terlebih dahulu mengetahui apa sih hidroponik itu? Hidroponik merupakan budidaya tanaman dengan menggunakan media air,hidroponik tidak lagi menggunakan tanah untuk tumbuhnya tanaman.

 beberapa tanaman yang biasa menggunakan media ini seperti kangkung, bayam, dan lain sebagainya sesuaib keinginan kita. banyak dari kita yang melakukan budidaya tanaman dengan media ini karena kita tidak perlu lagi bermain  becek-becekan dengan tanah.
Walaupun membudidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik ini lebih terlihat simple dan mudah akan tetapi kita juga perlu melakukan perawatan yang maksimal atau tlaten untuk mendapatkan hasil yang masksimal juga tentunya.

Mari kita simak bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk merawat tanaman hidroponik agar hasilnya bagus dan optimal :

1.      Cek kondisi air dan Tempat penampungan
Kenapa kita perlu mengetahui kondisi air di bak penampungan?  Karena air media utama dalam sistem penanaman hidroponik maka kondisi air harus di pastikan tetap bersih untuk menjaga kebersihan airnya kita bisa mengganti 4 kali dalam sehari, tidak membiarkan air sampe berhari-hari tanpa diganti usahakan tidak mengisi penuh bak penampungan idealnya adalah ½ atau ¾ bagian saja agar nanti ketika kita menguras tidak banyak air yang terbuang.

2.      Pemberian Nutrisi yang cukup
Dalam budidaya tanaman hidroponik pemberian nutrisi menjadi sangat penting bahkan menjadi hal utama yang dapat menunjang pertumbuhan bagi tanaman. Nutrisi yang digunakan adalah larutan ABMIX untuk tumbuhan.

3.      Sinar matahari yang cukup
Kita tahu bahwa tidak hanya manusia yang membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk kesehatan , tumbuhan juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk melakukan proses fotosintesis. Tanaman biasanya membutuhkan sinar matahari yang baik minimal 5 jam perhari.

4.      Panen
Masa panen dalam sistem tanam hidroponik adalah tergantung jenis tanaman yang ditanam. Namun secara umum biasanya masa panen sayuran bisa dilakukan dalam waktu 30 atau 40 hari. Katika tanaman telah siap panen maka segeralah untuk melakukan proses panen dengan cara di potong atau bisa juga mencabut dari media tanam yang biasa di sebut rockwool.

Nah itulah cara merawat tanaman hidroponik se simple itu , kita tidak perlu memikirkan tanah yang becek dan lain sebagainnya  untuk bisa menanam. Semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman pembaca. Terimaksiihh

0 Response to "Cara Untuk Merawat Tanaman Hidroponik Mudah dan Praktis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel