Artikel Terbaru

Cara Memotivasi Anak Membaca Al Quran

Cara Memotivasi Anak Agar Senang Membaca Al quran

Jadilah Contoh 

Tidak afdol rasanya jika kita hanya menyuruh anak untuk membaca Al Quran sedangkan orangtua tidak memberikan contoh terlebih dahulu. Sebaiknya sebagai orangtua harus membeikan contoh terlebih dahulu sebelum memerintahkan anak untuk membaca Al Quran. Jika hanya memerintah tanpa memberikan contoh anak-anak akan sulit menaruh hormat kepada kita dan anak akan sulit melakukan apa yang kita perintahkan.

Awali Hari dengan Membaca Al Quran

Biasakan membaca Al Quran sebelum kita melakukan kegiatan khusunya di pagi hari atau setelah sholat subuh.  Ajaklah anak untuk bersama-sama membaca AL Quran , dengan demikian anak akan terbiasa melakukannya setiap dari melaksanakan sholat subuh

Luangkan Waktu Untuk Bercerita

Ceritakan kepada anak kisah-kisah  menarik yang termuat dalam Al Quran. Hal tersebut bisa di berikan kepada anak untuk menghantarkan tidur. Dengan cara demikian mereka akan sendirinya akan tertarik untuk membaca Al Quran

Carikan Tutor 

Jika kita belum mengerti banyak mengenai pengetahuan dalam membaca Al Quran seperti ilmu tajwid , kita bisa mencarikan tutor atau guru untuk mengajarkan membaca Al Quran secara baik dan benar. Ajaklah anak anak untuk bersama-sama belajar.

Beritahu anak mengenai pahala membaca Al Quran

Anak-anak masih terjaga fithrahnya, mereka sangat suka melakukan hal yang orangtua lakuka. Jadi, orang tua harus memberikan contoh yang baik karena anak suka melakukan hal-hal yang baik. Maka dari itu, jika ingin anak kita suka membaca Al Quran, maka berikan pemahan kepada mereka bahwa orang yang membaca Al Quran itu sangat di sukai oleh Allah SWT.

Berikan Suatu Penghargaan Walaupun Sederhana

Seorang anak akan merasa senang apabila mendapatkan suatu penghargaan. Berikan suatu tantangan yang dapat memotifasi anak untuk senang membaca Al Quran berikan tantangan seperti menghafal surat-surat pendek , ketika anak sudah mampu menghafal jangan lupa berikanlah hadiah walaupun sederhana namun anak akan merasa dihargai.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 

0 Response to "Cara Memotivasi Anak Membaca Al Quran "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel