Artikel Terbaru

7 Langkah Mencegah Gigi Berlubang Dengan Mudah



Gigi adalah salah satu organ yang sangat penting yang terdapat pada tubuh manusia yang berfungsi untuk memotong dan menghancurkan makanan, sehingga mudah ditelan dengan baik. Gigi yang sudah berlubang bisa mengganggu kenikmatan pada saat makan. Oleh karena itu, Anda perlu untuk melakukan beberapa langkah perawatan pada gigi secara rutin untuk menghindari gigi berlubang.. 

Banyak orang yang sudah memiliki gigi berlubang dan kerap mengganggu dan menimbulkan penderitaan, seperti misalnya sakit gigi yang rasa sakitnya lebih sakit daripada sakit hati. Mungkin ada sebagian dari Anda yang bingung bagaimana sebaiknya melakukan perawatan yang tepat untuk gigi berlubang, apakah ditambal atau dicabut. 

Namun, disini ada bukti-bukti baru yang menunjukkan bahwa melakukan perawatan gigi berlubang bisa dilakukan sendiri di rumah, dengan kombinasi pola makan dan remineralisasi gigi. Artikel ini akan memandu Anda untuk lebih mengenal kedua pilihan tersebut, dan juga memberikan beberapa metode untuk menghindari gigi berlubang lebih dini.

Nah, lantas bagaimana cara merawat gigi berlubang ? Jika anda penasaran yuk sebaiknya simak saja pembasahan di bawah ini:

Rajin sikat gigi sebelum tidur

Kita semua juga tahu bahwa idealnya anda harus menyikat gigi dua kali dalam sehari. Tapi kita juga sering merasa lelah dan juga mengantuk di malam hari lalu tidak sikat gigi sebelum tidur. Padahal sikat gigi menjelang tidur wajib dilakukan untuk menghilangkan sisa partikel makanan di mulut Anda yang dapat membusuk dan merusak gigi di malam hari.

Gunakan pasta gigi yang mengandung Florida

Cara ini merupakan langkah tepat untuk mencegah gigi berlubang, karena florida mampu membuat enamel resisten terhadap karies. Selain itu, florida juga berfungsi untuk dapat menghilangkan plak-plak yang sudah melekat pada gigi. Jelas bila hal ini diabaikan akan mengancam kesehatan gigi Anda. Penggunaan dari florida juga akan mencegah mikroorganisme tersebut untuk tidak bisa menempel pada gigi Anda.

Meningkatkan asupan kalsium

Untuk menegah erosi gigi, anda harus meningkatkan asupan kalsium. Beberapa sumber kalsium yang baik antara lain susu, keju dan yoghurt.Selain itu, supaya bisa terserap dengan baik, maka anda membutuhkan Vitamin D. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga bisa diperoleh lewat makanan tertentu seperti sereal, susu dan makanan laut tertentu yang kaya vitamin D.

Hindari konsumsi gula berlebih

Untuk menghindari atau juga menyembuhkan dari gigi berlubang, pastikan untuk mengurangi konsumsi makanan manis. Sebab makanan yang kaya akan gula ini bisa memancing produksi bakteri dalam mulut dan menggerogoti utuhnya gigi.

Meningkatkan asupan air minum anda.

Minumlah air mineral minimal 2 liter (8 gelas) sehari, sehingga aliran air ludah anda akan lebih banyak. Hal ini juga berfungsi sebagai pembersih alami pada bagian gigi-gigi anda, dan sebagai penetral kondisi rongga mulut anda yang asam. Kondisi mulut yang asam (PH yang rendah) dapat menyebabkan terjadinya demineralisasi pada gigi.  

Hindari Merokok

Perokok aktif sering kita jumpai memiliki gigi yang menguning hingga rusak. Setiap kali merokok, rokok akan membuat mulut menjadi kering yang mempengaruhi air liur dalam mulut.

Padahal kandungan air dalam mulut ini memiliki fungsi protektif terhadap gigi berlubang. Ditambah kandungan berbagai zat yang terdapat pada setiap tembakau dalam rokok, sehingga dapat menyebabkan sakit gigi hingga berlubang.

Rajin memeriksa gigi setiap 6 bulan sekali

Sangat dianjurkan oleh para ahli gigi untuk memeriksa kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali. Penanganan dan langkah yang tepat dapat mengurangi resiko gigi berlubang maupun masalah gigi lainnya.

Daripada menahan rasa sakit, saatnya kamu mempraktikkan cara mengatasi gigi berlubang mulai dari sekarang. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. 

Semoga Bermanfaat

0 Response to "7 Langkah Mencegah Gigi Berlubang Dengan Mudah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel